Mempercepat dan Memaksimalkan Koneksi Internet

 

Bagi orang-orang yang mempunyai prinsip “Time is Money”, pasti segala sesuatunya harus berjalan dengan cepat, maksimal, efektif dan efisien. Tidak ada kata bertele-tele. Termasuk di sini adalah dalam kegiatan mencari data, software atau informasi di internet.

Nah, jika kamu termasuk orang yang mempunyai prinsip tersebut, dan ingin menerapkannya dalam berburu segala sesuatunya di internet, maka di bawah ini ada beberapa trik untuk mempercepat koneksi dan proses download data :

1. Maksimalkan penggunaan bandwidth di komputer

Secara default, settingan di windows akan membatasi bandwith sebesar 20% yang digunakan untuk koneksi jaga-jaga ke situs microsoft atau windows jika akan melakukan update. Untuk membebaskan 20% bandwith tersebut maka ikuti trik berikut :

klik start >>Run. ketik gpedit.msc

setelah itu, masuk pada Local Computer Policy >>Computer Configuration>> Administrative Templates

pilih pada folder Network >>QoS Packet Scheduler

Pada opsi Limit reservable bandwidth >> klik kanan & pilih Edit (pada windows 7), kalau pada Xp klik kanan >> Properties.

lalu ganti centangnya dari “not Configured” ke “Enable”.

selanjutnya pada option, disitu secara default adalah bernilai 20%, maka ganti menjadi 0. Lebih jelasnya, lihat gambar !!!

bandwidth 1

setelah itu, restart komputer, dan percaya atau tidak percaya, secara teoritis memang seharusnya koneksi akan lebih cepat. Jika memang masih lelet, maka perlu di cari trik lain.

Bagi anda pengguna firefox, ada trik lain seputar pemaksimalan bandwidth internet, yaitu di artikel mempercepat browsing mozilla firefox dengan memodifikasi about:config.

2. Gunakan software download manager

Banyak sekali macamnya software-software untuk memanage proses download. Seperti orbit downloader, free download manager, internet download manager, dll. Tapi Software yang paling terkenal dan paling banyak digunakan adalah IDM. Silahkan kunjungi di situsnya www.internetdownloadmanager.com. Dan cari IDM dengan versi yang paling baru. Tapi biasanya software tersebut sifatnya hanyalah trial 30 hari. So, musti beli untuk bisa menikmatinya secara full. Tapi tenang, pakde google dah menyediakan cara yang lebih simple lagi. Apa lagi kalau tidak mencari Crack atau keygen dari software IDM. Silahkan searching sendiri.

Kalau mau lebih bagus lagi, pasang proxy pada IDM kamu. Gimana cara menerapkannya ? pertama-tama jalankan IDMnya, lalu klik pada menu option > proxy > centang pada Http proxy > masukkan proxy number beserta port proxynya > isikan username dan untuk password bisa dikosongkan. Dan terakhir klik OK.

proxy

Untuk mengetahui tentang daftar proxy-proxy yang terupdate, silakan kunjungi http://proksi.hash.es atau sambangi situs http://www.ip-address.com

3. Matikan fitur Automatic Update pada komputer kamu. mengapa ??

Setiap kali komputer dihidupkan dan konek dengan internet, maka fitur-fitur automatic Update akan aktif dan meminta jatah sambungan ke situs-situsnya untuk melakukan update. Baik itu pada windows ataupun software-software yang terinstal. Tentu ini akan merampas sebagian bandwidth internet kamu, sehingga proses loading akan terasa lemot. Untuk itu, ada baiknya jika fitur tersebut dimatikan saja. Jika memang mau mengupdate software, ya tinggal masuk dan cari update manualnya. Suka-suka kita donk…

oKey, untuk mematikan Automatic Updatenya, triknya seperti ini :

- Kalo pada windows 7, masuk ke Control Panel >> System and Security >> Windows update >> change setting

- Lalu pilih opsi yang kamu inginkan. jika sama sekali tak ingin mengupdate windows, pilih ‘never check for updates’

- pada windows XP, masuk Control panel >> security Center >> turn off Automatic Updates.

4. Gunakan browser yang handal dalam hal kecepatan.

jenis browser merupakan salah satu hal yang juga turut memberikan andil dalam mempercepat koneksi. Dalam hal ini, Mozilla Firefox dapat dijadikan pilihannya. Cari dan instal softwarenya. kamu bisa mendownloadnya di alamat www.mozilla.com/firefox.

lebih baik lagi jika kamu mau mencari add-on untuk mengoptimalkan Firefox yaitu “Faster Fox”. Download di sini.

cara kerja Fasterfox yaitu dengan memaksimalkan pada network dan cache browser. Fungsi dari cache sendiri adalah untuk menyimpan data sementara dari website yang telah kita kunjungi. Sehingga, ketika kita melakukan kunjungan lagi ke website tersebut, maka proses loadingnya akan berjalan lebih cepat karena data-datanya telah tersimpan di cache.

Bagian-bagian yang dapat dioptimasi oleh Fasterfox sendiri yaitu pada DNS caching, disk caching, Memory caching, HTTP pipelining, dan FastBack caching.

Cara mengintegrasikannya yaitu  masuk ke menu ‘Tool’ pada Firefox>> add-ons >> pilih Fasterfox Option >> Turbo Charged >>OK

Demikianlah trik simpel untuk mempercepat koneksi internet. Sebenarnya masih banyak lagi trik-trik yang tak kalah hebatnya dari trik di atas. jangan bosan searching-searching di internet. Okey…

Trik ++

sumber : www.esc-creation.com

    binushacker.net

0 komentar:

Posting Komentar